Ciptakan Pertumbuhan Ekonomi Baru di Minut, Bupati JG Lakukan Kunker di LKPP Jakarta

Petasulut.com, Jakarta – Dalam rangka untuk mencapai target Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) guna menciptakan pertumbuhan ekonomi baru di Kabupaten Minahasa Utara, Bupati Joune J.E. Ganda, SE MAP MM M.Si., melakukan kunjungan kerja ke kantor Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Kompleks Rasuna Epicentrum, Jalan Epicentrum Tengah Lot 11 B, Jakarta, Kamis (25/05/2023).

Dalam kunjungan tersebut Bupati Joune Ganda didampingi Kepala Bagian ULP Minahasa Utara Lidya Warouw bersama rombongan, diterima oleh kepala LKPP Dr H Hendrar Prihadi, SE, MM dan Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah, Setya Budi Arijanta, SH., KN.

Bupati Joune mengatakan, maksud dan tujuan Kunjungan tersebut untuk membahas terkait beberapa hal, yakni Strategi mencapai target Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) sangat baik dan strategi untuk menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Kabupaten Minahasa Utara.

“Untuk kabupaten Minahasa Utara Pengadaan Barang dan Jasa, telah mendapat pendampingan LKPP, maka LPSE  Minahasa Utara  dari Standar bawah langsung naikke  level 3 Proaktif dan dan saat ini  telah  dibentuk Clearing House Pengadaan,” ujar Bupati.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, keterisian fungsional Pengadaan Barang dan Jasa, di Minahasa Utara sudah di atas target LKPP yaitu 66,7, semuanya berkedudukan di UKPBJ. Sedangkan berdasarkan data dari MCP KPK khusus pengadaan barang jasa, Pemkab minut memiliki nilai tertinggi di Sulawesi Utara yaitu 97,48.

“ITKP tahun 2022, sudah mencapai predikat baik. Dari nilai sebelumnya 18,14 melonjak naik menjadi 78,1. dan, nilai sementara tahun 2023 adalah 86,9. Tinggal sedikit lagi, untuk mencapai Predikat Sangat Baik,” terang Bupati.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara lanjutnya, akan terus berupaya untuk mencapai target ITKP Predikat Sangat Baik. Dalam pertemuan dengan Kepala LKPP saat ini, kami memohon bimbingan dan pendampingan LKPP, supaya Minahasa Utara menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga:  Legislator DPRD Manado Ini Berbagi Kasih Kepada Korban Bencana Manado

“Harapan kami, dengan pencapaian prestasi-prestasi ini, baik ITKP minimal baik, level 3 proaktif, realisasi e-katalog lokal, mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat berupa dana insentif,”pungkasnya.

Disisi lain, Kepala LKPP Dr H Hendra Prihadi, SE, MM mengatakan, Minahasa Utara sudah bagus pencapaiannya luar biasa, perlu dipertahankan atau justru ditingkatkan.

“terus di tingkatkan agar menjadi percontohan bagi daerah sekitarnya. Katalog Lokal kalau bisa pekerjaan konstruksi bangunan menggunakan e-Katalog, Pekerjaan jalan, dan Penerangan Jalan Umum juga” terang Prihadi.

(ABL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *