oleh

Janji Gubernur OD Untuk Warga Elusan Diseriusi Kadis Wattimena, Pembangunan Jalan Segera Action

Petasulut.com, SULUT – Terkait dengan adanya rencana pengerjaan akses jalan Rumoong Bawah – Elusan – Tewasen, Kabupaten Minahasa Selatan, Kepala Dinas PUPR Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Alexander Wattimena turun langsung ke masyarakat Desa Elusan guna melaksanakan sosialisasi.

Kehadiran Kadis PUPR disambut antusias warga, dianggap membawa berkah tersendiri bagi desa tersebut.

Seperti yang disampaikan salah satu tokoh masyarakat di desa tersebut, Frans Tilaar. Ketika diwawancarai, mantan kepala dinas Perkebunan dan Kepala Dinas Pertanian tersebut menyebut bahwa kedatangan Kadis PUPR memberikan warna tersendiri. Apalagi menurutnya bahwa proyek pengerjaan jalan nasional yang akan dikerjakan tersebut akan berdampak positif bagi masyarakat.

Dirinya pun menyebut bahwa sebagai salah satu pemilik lahan yang nantinya akan dilalui proyek tersebut, apresiasi harus diberikan. Jalan tersebut pun menurutnya dapat mengatasi masalah bilamana di jalan utama terdapat kendala, baik macet atapun kejadian-kejadian seperti longsor.

“Jadi pada prinsipnya kami sangat menerima (pengerjaan akses jalan Rumoong Bawah – Elusan -Tewasen) karena ini sangat membantu. Soal nanti akan diambil kurang lebih 5 meter lahan warga, kami tidak keberatan karena ini bentuk kami mensuport program pemerintah,” Ujarnya sembari menyebut bahwa nantinya akses jalan tersebut dapat membuka peluang pariwisata yang ada di daerah tersebut, dimana di desa Elusan terdapat air terjun yang berpotensi menjadi destinasi pariwisata.

Warga Elusan sambut baik kedatangan Kadis PUPR bersama jajaran

Sementara itu, Hukum Tua Desa Elusan, Maxi Ampouw pun juga menanggapi positif proyek jalan tersebut. Dirinya menyebut bahwa warga pemilik lahan sudah menyetujui pengerjaan proyek tersebut.

“Tentunya kami berharap hal ini bisa terlaksana dengan baik. Saat ini hadir pemilik lahan yang nanti akan dilalui proyek ini meskipun belum semua yang hadir tapi yang tidak hadir telah mendelegasikan kepada saya bahwa mereka juga menyetujui proyek tersebut, pada intinya semua menyetujui dan tidak mempermasalahkan,” Ucap Ampouw.

Adapun dalam penjelasan Kadis PUPR Sulut Alexander Wattimena bahwa dalam hasil pertemuan dengan warga tersebut, didapati bahwa semua warga pemilik lahan menyetujui rencana tersebut. Bahkan pemilik lahan tersebut sudah menyetujui untuk kurang lebih 5 meter lahan mereka untuk diambil dalam rangka menunjang program tersebut.

“Ada 14 perkebunan masyarakat. Dan dari hasil sosialisasi ini semua sepakat untuk pengerjaan proyek tersebut, dan sudah menandatangani berita acara,” Jelasnya.

Sementara itu, dirinya menjelaskan bahwa PAGU proyek jalan sepanjang 2,2 Kilometer di tahun 2022 ini anggarannya sebesar 14,5 Miliar untuk kontraknya akan segera dimulai bulan ini dengan waktu pengerjaan 150 hari kerja.

Lebihnya, Wattimena menyebut bahwa ini merupakan perhatian dari Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Steven Kandouw.

“Selebihnya harapan Gubernur dan Wakil Gubernur agar supaya masyarakat disini bisa merasakan akses jalan yang dapat menunjang kesejahteraan masyarakat,” Ujarnya.

Terinformasi bahwa perencanaan pengerjaan jalan rumoong bawah – Elusan – Tewasen oleh pemerintah provinsi Sulut lewat Dinas PUPR adalah total sepanjang 6 kilometer lebih dengan 3 tahap pengerjaan yakni 2022 sampai 2024 mendatang.

(ABL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *