oleh

Turunkan Angka Pengangguran, Pemuda Pancasila Sulut Persiapkan Tenaga Kerja Yang Mempunyai Skill

Petasulut.com, SULUT – Masalah pengangguran di Sulawesi Utara memang masih menjadi PR besar untuk pemerintah daerah. Upaya percepatan penanggulangan pengangguran pun harus ditingkatkan.

Hal inipun menjadi perhatian khusus dari Pemuda Pancasila Sulut. Ketua MPW PP Sulut, Braien Waworuntu mengatakan angka pengangguran di Sulut masih tinggi.

Badan Pusat Statistik mencatat angka pengangguran di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada Februari 2022 mencapai 6,51 persen.

Braien mengatakan bahwa ternyata banyak perusahaan di Sulut tidak atau kurang merekrut tenaga kerja lokal.

“Sebagian besar perusahaan yang beroperasi di Sulut banyak memakai tenaga kerja dari luar daerah, sedangkan tenaga kerja lokal yang di rekrut masih sangat kurang,” Ucap Pimpinan Komisi I DPRD Sulut itu, Kamis (17/11) diruang kerjanya.

Maka dari itu lanjut BW, Pemuda Pancasila Sulut akan melakukan langkah konkrit sekaligus memberikan kontribusi nyata guna meminimalisir angka pengangguran di Sulut.

Dalam rapat pleno PP Sulut yang digelar baru-baru ini, BW telah menginstruksikan ke jajarannya agar dapat melakukan langkah aktif untuk memonitoring atau mencari informasi tentang perusahan-perusahan yang tidak merekrut pekerja lokal.

“Karena dalam Perda No.3 tahun 2013 tentang pemberdayaan tenaga kerja daerah provinsi sulut pasal 22 menjelaskan setiap perusahaan yang beroperasi di daerah mengutamakan penggunaan tenaga kerja daerah,” Jelas BW.

Braien berjanji PP Sulut akan lebih masif dalam mencari informasi terkait hal ini sekaligus mempersiapkan pelatihan-pelatihan bagi para kader PP maupun masyarakat Sulut.

“Agar masyarakat bisa mengembangkan skill dan pengetahuan di bidang masing-masing tapi juga memberi dan mencari ruang untuk mereka bekerja. Semoga harapan ini step by step bisa tercapai,” Katanya.

(ABL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *