oleh

UPP Kelas III Likupang Pastikan Kapal Ganda Nusantara 13 Siap Beroperasi Kembali

Petasulut.com, SULUT – Setelah kurang lebih sebulan tidak beroperasi, kini Kapal Ganda Nusantara 13 siap berlayar kembali untuk masyarakat yang akan melakukan penyeberangan antar pulau Lihaga, Gangga, Talise, Kinabohutan dan Bangka.

Hal itu dibenarkan kepala kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Likupang, M.Qowi saat diwawancarai awak media, Jumat (18/11) diruang kerjanya.

Qowi mengatakan kapal ganda nusantara 13 pada tanggal 26 November 2022 direncanakan akan beroperasi kembali, karena sempat berhenti operasi di bulan oktober,” Katanya.

Setiap hari sabtu lanjut Qowi, Kapal ganda nusantara 13 akan beroperasi melayani masyarakat secara gratis.

“Apalagi menghadapi angkutan natal dan tahun baru, kami juga sudah siap dengan angkutan natal-tahun baru, termasuk armadanya untuk melayani angkutan lokal di likupang, baik dari likupang menuju ke lihaga, pulau gangga, talise, kinabuhutan, maupun bangka.” Jelasnya.

Tak hanya penumpang, Kepala Kantor UPP Kelas III Likupang pun membolehkan bersama barang. Hal itu bertujuan untuk merangsang perekenomian dan pelaku perekonomian di daerah kepulauan.

“Muat barang bisa, tapi ada batasannya. Hal itu supaya harga-harga barang di pulau-pulau tersebut bisa lebih murah dan terjangkau. Masyarakat yang mau beraktifitas ekonomi termasuk mengangkut komoditas silahkan memanfaatkan kapal tersebut.” Tuturnya.

Bukan hanya merangsang pelaku ekonomi Usaha Kecil Menengah, tapi bisa juga menarik perhatian pelaku usaha menengah keatas.

“Penumpang gratis tersebut istilahnya Perintis untuk merintis supaya ada pengusaha-pengusaha kapal lain dengan tarif komersil yang mau untuk melayani secara rutin.” Ucapnya.

Qowi juga menjelaskan kenapa sebelumnya sempat terhenti pengoperasian kapal Ganda Nusantara 13 tersebut dikarenakan sempat mengalami kekurangan anggaran untuk menunjang aktivitasnya.

“Hanya kemarin karena keterbatasan dana makanya sempat terhenti satu bulan, itu di bulan oktober sampai ke pertengahan november ini, nanti dilanjutkan diakhir november sampai desember untuk angkutan Nataru (Natal-Tahun baru) itu beroperasi kembali seperti biasa. Itu informasi dari PT. Pelni karena operatornya adalah PT. Pelni Cabang Bitung.” Bebernya.

Diketahui, Kapal perintis tersebut tidak bisa menampung dalam kapasitas besar layaknya kapal penyeberangan antar kabupaten dan provinsi.

“Untuk kapasitas penumpangnya bisa sampai 100 orang, kalau barang tidak terlalu banyak karena difokuskan untuk penumpang. Kalau barang kemungkinan 1-2 ton sudah cukup, seperti sembako-sembako di area kepulauan.” Tutupnya.

(ABL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *