10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2023, Nomor 1 Total Kekayaannya Capai 391 Triliun

Petasulut.com, NASIONAL – Perubahan terjadi di daftar orang terkaya di Indonesia. Dimana data terbaru orang terkaya versi Forbes menunjukan Low Tuck Kwong yang sebelumnya berada di posisi puncak digeser oleh Robert Budi Hartono.

Dilansir dari Forbes Real Time Billionaires, Kamis (6/7/2023), Robert Budi Hartono menduduki peringkat nomor satu orang paling kaya di Indonesia. Tercatat total kekayaannya mencapai US$ 26,1 miliar atau sekitar Rp 391 triliun (kurs Rp 15.000).

Sementara Low tuck Kwong yang sebelumnya berada di peringkat pertama harus turun ke peringkat ke-3 dengan nilai kekayaan sebesar US$ 22 miliar atau setara dengan Rp 330 triliun.

Dikutip dari Detiksulsel, Berikut ini daftar 10 orang terkaya di Indonesia terbaru 2023:

1. Robert Budi Hartono
Robert Budi Hartono merupakan pemilik perusahaan rokok terbesar keempat di Indonesia, Djarum. Selain Djarum, ia juga merupakan pemegang saham terbesar dari Bank Central Asia (BCA).

Kini ia menduduki posisi 1 sebagai orang terkaya di Indonesia. Terbaru, Forbes mencatat Robert Budi Hartono memiliki total kekayaan US$ 26,1 miliar atau setara dengan Rp 391 triliun.

2. Michael Hartono
Selanjutnya posisi ke-2 orang terkaya Indonesia diduduki oleh kakak dari Robert Budi Hartono, yakni Michael Hartono. Pria yang akrab disapa Bambang ini memiliki kekayaan US$ 25 miliar atau setara Rp 375 triliun.

Bersama sang adik, ia mewarisi Djarum. Pria yang akrab disapa Bambang ini juga menjadi pemegang saham terbesar dari Bank Central Asia (BCA).

3. Low Tuck Kwong
Low Tuck Kwong tergeser dari posisi nomor satu dan kini berada di posisi ke-3 sebagai orang terkaya di Indonesia. Forbes mencatat pendiri Bayan Resources, perusahaan yang bergerak di sektor tambang batu bara, ini memiliki total kekayaan US$ 22 miliar atau setara Rp 330 triliun.

Baca Juga:  Omicron Turun 90%, AS Mulai 'Cabut' Masker

Kekayaan pengusaha tambang batu bara Kalimantan ini mengalami penurunan yang cukup drastis, yakni mencapai 0.47% atau sebesar US$ 103 juta (sekitar Rp 1,5 triliun). Ia harus rela rugi lantaran harga batu bara yang kian anjlok.

4. Sri Prakash Lohia
Di posisi keempat ada Sri Prakash Lohia, pemilik usaha tekstil dan petrokimia terbesar di Indonesia, Indorama Corporation. Ia memiliki total kekayaan US$ 7,2 miliar atau sebesar Rp 108 triliun.

5. Prajago Pangestu
Prajogo Pangestu menduduki posisi orang terkaya kelima di Indonesia. Pemilik Barito Pacific dan Chandra Asri Petrochemical ini memiliki total kekayaan sebesar US$ 5,8 miliar atau setara Rp 87 triliun.

6. Chairul Tanjung
Selanjutnya di posisi keenam ada Chairul Tanjung. Pemilik CT Corp ini memiliki total kekayaan US$ 5 miliar atau Rp 75 triliun.

Diketahui perusahaan Chairul Tanjung yang bergerak di bidang perbankan melalui Allobank, swalayan seperti Transmart dan Carrefour, juga media.

7. Tahir & Family
Orang terkaya di Indonesia selanjutnya adalah Tahir & Family. Tahir merupakan founder dari Mayapada Group yang bergerak di bidang perbankan, kesehatan, dan real estat.

Total kekayaan yang dimilikinya mencapai US$ 4,6 miliar atau setara Rp 69 triliun.

8. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono
Keluarga Lim Hariyanto Wijaya Sarwono merupakan pemilik Grup Harita dan saham mayoritas produsen minyak kelapa sawit di bursa Singapura, Bumitama Agri. Terbaru, Lim Hariyanto Wijaya Sarwono menduduki posisi ke-8 sebagai orang terkaya di Indonesi versi Forbes.

Total kekayaan Lim mencapai US$ 4,2 milar atau Rp 63 triliun.

9. Djoko Susanto
Djoko Susanto adalah pemilik grup Alfamart, bisnis ritel minimarket. Pada 6 Juli 2023, Forbes menempatkan ia pada urutan 9 orang terkaya di Indonesia.

Baca Juga:  Terbaru! Berikut 20 Universitas Terbaik di Indonesia 2024 Versi Webometrics

Total kekayaan Djoko Susanto mencapai US$ 4,1 milyar atau sekitar Rp 60 triliun.

10. Dewi Kam
Dewi Kam masih tergolong baru dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Ia mendapatkan kekayaannya ini melalui sahamnya di PT Bayan Resources Tbk. (BYAN) yang merupakan bisnis milik Low Tuck Kwong.

Adapun total kekayaannya kini mencapai US$ 3,6 miliar atau sekitar Rp 54 triliun.

Demikian 10 daftar orang terkaya di Indonesia terbaru 2023 berdasarkan data Forbes. Semoga bermanfaat.

(ABL)

Artikel ini telah tayang di detiksulsel, dengan judul “10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru 2023, Pengusaha Tambang Kaltim Tergeser”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *