oleh

Felly Runtuwene ‘Warning’ Rumah Sakit! Pasien BPJS Segera Lapor Bila Pelayanan Tak Sesuai

Petasulut.com, SULUT – Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Runtuwene dengan tegas mengingatkan kepada rumah sakit yang bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) agar melayani pasien peserta BPJS sesuai standarisasi. Jangan pernah melakukan perlakuan yang tidak diharapkan oleh pasien atau keluarga pasien.

Penegasan itu disampaikan Politisi Partai NasDem di hadapan warga Tomohon dalam pelaksanaan Sosialisasi Program JKN-KIS, senin (01/08).

Felly mengatakan jika pasien peserta BPJS merasa ada masalah dalam pelayanan, di setiap rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS, disitu pasti ada kontak pengaduan.

“Pasien bisa langsung melaporkan melalui nomor pengaduan tersebut jika dikemudian hari terjadi masalah,” Kata FER (Sapaan akrabnya).

Runtuwene menuturkan, jika ada Rumah Sakit terbukti melakukan pelayanan yang tidak sesuai terhadap pasien BPJS, Komisi IX DPR RI bersama BPJS akan merekomendasikan untuk memutuskan hubungan kerja sama antara rumah sakit yang bersangkutan dengan BPJS.

“Ini jangan main-main. Kami (Komisi IX) juga tidak mau masyarakat disusahkan cuma karena mau berobat banyak alasan. Alasan tidak ada kamarlah, ini dan itu,” Kata Felly.

Diketahui, komisi IX DPR RI sementara membahas untuk peningkatan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, yang terkait didalamnya ada BPJS Kesehatan, DJSN, Kementerian kesehatan serta kementerian lembaga yang terkait untuk bagaimana membenahi pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Sekarang ini kami (Komisi IX) lagi fokus untuk kamar standar untuk masing-masing kelas. Karena pemerintahlah yang menentukan standar kamar dan bukan rumah sakit,” Jelas Felly.

Menurut Felly, standar kamar harus seragam. Dari ujung papua sampai di Sulawesi Utara ini harus sama.

“Itu konsekuensi dari pemerintah untuk mengadakan perubahan-perubahan dari kelas-kelas tertentu dari kamar itu sendiri. Ini memang butuh waktu tapi kita harus mulai,” Ucap Runtuwene.

“Target saya, setelah saya berakhir masa kerja di Komisi IX, ini sudah selesai. Untuk peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia,” Katanya.

Dalam sosialisasi Program JKN-KIS, Felly Runtuwene didampingi Kepala BPJS Tomohon Regen Polii dan Tenaga Ahli Ketua Komisi IX DPR RI, Fendy Ratulangi.

(ABL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *